Minggu, 06 September 2009

Uji Coba Cari Info dan Komentar. Topik Penyakit Pandemik.

Carilah Info tentang penyakit Pandemik ( Cari pengertian pandemik ) kemudian buatlah komentar Anda. Bagaimana menghindari/mencegah dan menanggulanginya bila terjadi disekitar kita. Buat Nama dan Kelas Anda. Sebagai Latihan tapi Tambah NILAI. Lihat contoh di bagian Topik untuk kelas 9 tahun-tahun yang lalu......Selamat Men-Cari Info dan ber-Komentar...

91 komentar:

Anonim mengatakan...

Penyakit pandemik
Contoh nya Flu babi: Nama lain dari Flu babi adalah H1N1???
Kasus Pertama Yang di Temukan di Negara Amerika Serikat dan Kemudian di Meksiko???
Dan WHO menyatakan bahwa 74 negara dan secara resmi Telah melaporkan 27.737 kasus influensa A(H1N1) . .
Cara mencegah Untuk tidak terkena Flu babi : Dengan mencuci Tangan Dengan Sabun


Nama : oktoriyanto
Kelas : 9B

Anonim mengatakan...

Penyakit pandemik salah satunya adalah Flu Babi
nama lainnya adalah H1N1
kasus Pertama yang ditemukan di Negara Amerika dan kemudian menyebar ke Negara Meksiko??
dan Telah melaporkan 27.737 kasus Flu Babi(H1N1)
Cara menceganhnya dengan cara mencuci tangan sebelum makan dan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas
dan mencuci tangan dengan sabun



Nama:Eri.Riyanto
Kelas:IXc(9c)

eRvaN] mengatakan...

Penyakit Pandemik / nama lain nya Flu Babi [H1N1]

Badan Kesehatan Dunia [WHO] mEnyatakan Influensa A H1N1 Sebagai kejadian luar biasa [KLB]
uNtuk seluruh dunia sejak 11 juni tahun 2009 . sampai saaat ini , lebih dr 90.000 warga dunia terjangkit Influensa A H1N1 yang tersebar di 120 negara . dari jumblah tersebut 420 orang di nyatakan meninggal dunia ..
Cara pencegahan MENINGKATKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT !!

Nama : eRvaN
Kelas : 9d ///

Anonim mengatakan...

Penyakit Pandemik disebut juga Flu Babi (H1N1),,

virus ini dapat menular dengan tetes air yang disebabkan oleh batuk yang sudah ber-virus.
cara untuk mencegahnya untuk menular adalah dengan menutupi hidung dan mulut waktu batuk atau bersin, istirahat dirumah saat keadaan tidak baik, cuci tangan secara teratur, dan mengindari keramaian saat memungkinkan.

gejala-gejala nya adalah demam, batuk, sakit kepala, otot sakit-sakit, sakit tenggorokan, pilek, dan kadang-kadang muntah dan diare.


Nama : Suripto
Kelas : IXA / 9A

Anonim mengatakan...

menurut saya,
pandemik adalah epidemik penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, benua, atau bahkan di seluruh dunia.
contoh penyakit pandemik adalah H5N1, H1N1, HIV.

jadi dalam kata singkat pandemik adalah bakteri-bakteri atau kuman-kuman yang bisa menyebar melalui manusia dan hewan.

gejalanya penyakit pandemik adalah demam, batuk, panas dingin dan lesu.dan ada 10% penderita yang mengalami muntah-muntah dan buang air besar(gejala ini hanya terjadi pada penderita yang sensitif)

cara pencegahan penyakit pandemik adalah dengan cara Vaksin dan mencuci tangan dengan sabun

nama : jerry antono
kelas: 9A(sembilan A)

Anonim mengatakan...

Perjangkitan flu babi tahun 2009: Laporan khusus oleh Dr. Leonard Horowitz mencakup industri vaksin untuk genocide

Hallo, saya Dr. Leonard Horowitz, dan ini adalah satu buletin berita mendesak tentang satu jenis flu baru yang disebutkan membuat perjalanannya dari Mexico ke memasuki Amerika Serikat (AS) seperti aku menyiarkannya. Sejumlah stok roket udara di Novavax, Inc. mempercepat berlusin-lusin kematian akibat influensa di Mexico yang mencakup suatu jaringan Anglo-American yang terkemuka dari insinyur-insinyur genetika dalam suatu komplotan untuk melakukan genocide (pemusnahan manusia). Dr. James S. Robertson, insinyur biologi terkemuka dari Inggris di bidang virus-virus influensa untuk industri vaksin. Sebuah badan penyelenggara yang aktif dari lembaga pendanaan pemerintah AS untuk kontrak pertahanan biologi yang menguntungkan, di samping dengan partner-partner pada Pusat AS untuk Kontrol Penyakit (CDC) menolong Novavax, Inc. di Bethesda Maryland, memproduksi kombinasi ulang yang dimodifikasi secara genetik dari virus flu burung, babi, dan Spanyol, H5N1 dan H1N1 – hampir serupa dengan virus yang menyerang orang Mexico yang belum pernah terjadi sebelumnya dan sekarang sudah menyebar ke AS.

Perjangkitan itu dilakukan tepat waktu untuk mempromosikan riset perusahaan terbaru dan kontrak-kontrak penimbunan vaksin yang besar. Para ilmuwan di CDC diimplikasi mengadakan kerjasama-kerjasama dan publikasi-publikasi yang disertai kontrak pribadi dengan Novavax Inc., sebuah perusahaan yang memperoleh dalam tanda kutip “produk-produk obat biofarma resmi” melalui direktur bagian influensa CDC, Ruben O. Donis dan Dr. Rick Bright yang sebelumnya bekerja dengan Donis di CDC, tapi sekarang sebagai wakil ketua Novavax bidang program-program influensa global.

Bukti adanya konspirasi ini untuk melakukan duplikasi mematikan di dalam industri vaksin termasuk penanda genetik pada virus influensa asli, yang sekarang menyebar dari Mexico ke Amerika. Virus itu dalam tanda kutip “secara genetik berbeda dari virus flu musiman H1N1 yang menyerang manusia secara penuh yang sedang bersirkulasi secara global selama beberapa tahun yang lalu” demikian Reuters dan pejabat berkata. Virus influensa yang baru berisi DNA tipe virus unggas, babi dan manusia. Termasuk unsur-unsur dari virus-virus flu babi dari orang Eropa dan Asia. Ini adalah suatu uraian tentang tanda-tanda kehadiran dan diagnosa virus yang datang dari lingkaran pertemanan Robertson. Tidak ada kelompok lain di dunia ini yang mengambil H5N1 Asian influensa yang diinfeksikan kepada ayam, membawanya ke Eropa, mengekstrak DNA-nya, mengkombinasikan protein-proteinnya dengan virus-virus H5N1 dari tahun 1918 flu Spanyol yang terpisah, menambahkan pula tambahan yang dicampurkan dengan gen-gen flu babi dari babi-babi, lalu merekayasa balik virus-virus itu untuk menginfeksi manusia. Produk akhir seperti diuraikan oleh Reuters hanya bisa berakhir, di Mexico melalui Amerika Serikat dari Inggris oleh CDC. Ruben Donis di CDC harus sudah mengirim virus-virus itu ke Novavax di mana regu Rick Bright, sekarang diimplikasikan dalam sebuah konspirasi untuk melakukan genocide, pembunuhan massal terhadap orang-orang untuk profit bisnis semata, seperti beberapa penjelasan sebelumnya.

nama renaldo
kelas 9a

Anonim mengatakan...

mnurut saya penyakit flu babi atau biasa d pgil H1N1 adlah penyakit yg d temukan d negara amerika., kemudia d meksiko., n WHO mnyatakan bahwa bisa d blg krg lbih 74 ngara dan secara resmi telah melaporkan 27.737 kasus sakit pilek atau d blg influenza A (h1n1), , , Tetapi masih ada penyakit flu babi dan bisa d bilang juga kata2 org2 adlah penyakit sapi gila... ^^V
Cara mencegah untuk terkena hindar flu babi :


1.beraktivitas dgn baik2 dan jgn berlebihan.
2.makan tidak boleh sembarangan
3.makan lah makanan2 yg bergizi seperti contoh 4 sehat 5 sempurna
4.cuci tangan dgn sabun
5.jgn dekat2 dgn barang atau benda2 yg kotor




Nama:Ongky Orlando
Kelas:IX(9c)

Anonim mengatakan...

Pandemik flu terjadi saat rangkaian virus bermutasi ke dalam bentuk baru yang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Dan manusia tidak mempunyai sistem kekebalan alami untuk melawan virus tersebut.

Rangkaian baru ini kemungkinan menyebar melalui udara, misalnya dengan batuk dan bersin, sama seperti flu pada umumnya.

Anonim mengatakan...

Pandemik flu terjadi saat rangkaian virus bermutasi ke dalam bentuk baru yang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Dan manusia tidak mempunyai sistem kekebalan alami untuk melawan virus tersebut.

Rangkaian baru ini kemungkinan menyebar melalui udara, misalnya dengan batuk dan bersin, sama seperti flu pada umumnya.

nama ; jumadi.d
kelas; 9c

Anonim mengatakan...

Untuk pertama kalinya vaksin flu H1N1 diakui dan siap diluncurkan di beberapa negara, pada bulan September,

produksi vaksin sudah ditingkatkan, menjawab kekecewaan yang mulai dipicu kecemasan akan persediaannya.

Salah satu jenis virus yang digunakan oleh pembuat vaksin, kini nampaknya menghasilkan jumlah yang sama dengan vaksin musiman, sementara indikasi awal pandemik H1N1 mencapai 30 persen dari biasanya.

Nama : Cincin
kelas : 9A

Anonim mengatakan...

Menurut saya penyakit pandemik adalah virus yang dapat menular melalui manusia atau hewan ke seluruh dunia yang di sebabkan oleh batuk yang adanya virus
cara mencegahnya adalah dengan menjaga kebersihan dalam sehari-hari yaitu:dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan,jika sedang sakit maka harus beristirshat atau pergi ke dokter,dan jika sedang batuk atau bersin tutuplah mulut dengan tangan atau memakai masker.


Nama :EricANGGRIANTO
Kelas :9A

Anonim mengatakan...

nama:supriyanto
kelas:9d
menurut saya penyakit pandemik itu berbahaya karena dapat mematikan 7000 nyawa penyakit pandemik terkait dgn flu babi di negara lain nya terdapat juga penyakit tersebut

Anonim mengatakan...

Penyakit pandemik salah satunya Flu Babi nama lain adalah H1N1

Virus flu babi mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui apa gejala-gejala flu babi dan bagaimana cara pencegahan terhadap virus ini. Meski belum sampai ke Indonesia, namun kita harus mewaspadai virus swine flu atau flu babi yang telah merenggut ratusan nyawa di Meksiko.

Ciri-ciri dan gejala flu babi :
1. Demam yang muncul tiba-tiba
2. Batuk
3. Nyeri otot
4. Sakit tenggorokan
5. Kelelahan yang berlebihan
6. Penderita muntah-muntah dan diare

Cara pencegahan flu babi dapat melakukan langkah-langkah preventif sebagai berikut:
1. Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu jika Anda batuk atau bersin. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah.
2. Sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun, terutama setelah Anda batuk atau bersin. Pembersih tangan berbasis alkohol juga efektif digunakan.
3. Jangan menyentuh mulut, hidung atau mulut Anda dengan tangan.
4. Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sakit flu. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin penderita.
5. Jika Anda sakit flu, Anda sebaiknya tidak masuk kerja atau sekolah dan beristirahat di rumah.

Nama : Dikson
Kelas : 9c

Unknown mengatakan...

Penyakit pandemik adalah penyakit yang menyebar di wilayah yang luas,benua,atau bahkan ke seluruh dunia.Penyakit pandemik bisa mematikan manusia jika tanpa perawatan yang baik

contoh penyakit pandemik seperti Flu Babi (H1N1)
Flu Burung (H5N1)
dan lain lain.

Gejala Flu burung :
Demam tinggi
kelulahan pernafasan dan (mungkin)perut

Cara perawatan :
kasih obat penurun panas
atau kasih obat Oseltamivir (antivirus H5N1)

Cara mencegah terkena Flu Burung:
Mencuci tangan dengan sabun (kalau bisa pakai merek dettol saja lebih baik)

Gejala Flu babi (H1N1) :
-demam
-batuk
-sakit pada kerongkongan
-sakit pada tubuh
-kepala
-panas dingin
-lemah lesu

Cara perawatan:
-? ? ? ? ( Belum ada keknya)

Cara Mencegah terkena Flu babi (H1N1):
Mencuci tangan dengan sabun (kalau bisa pakai merek dettol)


Maaf kalau ada kekurangan :D


Nama : Hendera

Kelas : 9C

Anonim mengatakan...

Frenky Berkata
Penyakit pandemik....
Penyakit yg menyabar di suatu wilayah. . . .
Contohnya : H1N1 ( Flu babi )
Dan kaSusnya Pertama Ditemukan DiAmerika Serikat dan Kemudian di Meksiko???
Dan WHO menyatakan bahwa 74 negara dan secara resmi Telah melaporkan 27.737 kasus influensa A(H1N1) . .
Cara mencegah Untuk tidak terkena Flu babi : Dengan Mencuci tangan sebelum makan dan mancuci tangan setelah pulang kerja


Nama :Frenky
Kelas: 9D

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adlah sebutan dri penyakit2 yang bisa menular sperti flu babi "H1N1", cara menularnya ada berbagai cara sperti melalui air liur , darah dll,
kasus pertama ny terdapat di meksiko.

cara mencegahnya : mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun,

ciri2 orang yang kena penyakit H1N1:
flu, batuk , demam dll


nama : jervia
kelas: 9a

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adalah nama lain dari penyakit H1n1 yang menyebarkan seluruh dunia yang bisa menular di sebabkan oleh batuk, dmam, pilek

cara mencegah nya untuk tidak kena flu babi :
-mencuci tangan dengan sabun
-menutup mulut dengan tangan sewaktu batuk
-bila sakit periksa ke dokter
-memakan makanan yang bergizi



Nma : selly
Kelas : 9a

Anonim mengatakan...

Saya berkomentar bahwa penyaki pandemik adalah sebuah penyakit yang di akibatkan oleh virus H1N1 dan juga virus H5N1 atau sekarang di sebut juga dengan penyakit FLU BABI dan FLU BURUNG. Penyakit ini sangant berbahaya. Jika tidak di tangani dengan serius akan berakibat fatal.
Cara-cara untuk menghindari penyakit ini adalah dengan:
- Apabila di daerah sekitar Anda terdapat unggas-unggas yang mati mendadak atau yang terkena flu, sebaiknya segera di laporkan kepada RT/RW setempat untuk di basmi dengan cara membakarnya.
- Sesudah menyentuh unggas , segeralah mencuci tangan Anda dengan sabun dan bilas dengan air bersih.
Inilah komentar saya.
- Dan apabila Anda menderita flu yang tidak sembuh-sembuh dan demam, sebaiknya periksakanlah diri Anda ke dokter.

Nama : Susanti (A)
Kelas : 9A

jackson mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
jackson mengatakan...

penyakit flu babi atau yang disebut dengan h1n1 adalah penyakit yang bisa menyebabkan kematian oleh itu kita harus tahu gimana ciri-ciri terkena flu babi Ciri-ciri dan gejala flu babi ::
1. Demam yang muncul tiba-tiba
2. Batuk
3. Nyeri otot
4. Sakit tenggorokan
5. Kelelahan yang berlebihan
6. Penderita muntah-muntah dan diare
terketahui ada beberapa cara untuk mencegah flubabi Cara pencegahan flu babi dapat melakukan langkah-langkah preventif sebagai berikut:
1. Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu jika Anda batuk atau bersin. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah.
2. Sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun, terutama setelah Anda batuk atau bersin. Pembersih tangan berbasis alkohol juga efektif digunakan.
3. Jangan menyentuh mulut, hidung atau mulut Anda dengan tangan.
4. Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sakit flu. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin penderita.


nama:jackson
kelas:9c

ewyanto mengatakan...

WHO memang telah menyatakan flu A H1N1 sebagai pandemi (fase 6). Perjalanan pandemi ini memang 'tidak menakutkan'. WHO sendiri menyebut 'moderat'.

Akan tetapi, pada hemat saya, spektrum penyakit belum jelas sekali. Saat ini memang ringan, self limited, dan sebagian besar bahkan subklinis.

Yang paling ditakutkan para ahli adalah ketika virus yang tampak mild itu memperoleh kapasitas tambahan sehingga berdaya bunuh tinggi. Ini terjadi jika ia mengalami mutasi dan/atau reassorsi dengan influenza yang lain.

Disamping itu pola penyakit saat ini menyerupai situasi pre-pandemi sebelum 1918-1919.

Yang lebih menakutkan adalah jika virus bersirkulasi pada wilayah padat penduduk dengan sistem surveillans yang in-adequate. Tidak cukuplah. Pada hemat saya, Indonesia termasuk negara seperti itu. Jika itu terjadi, penyakit akan tidak terdeteksi, sebelum tiba-tiba 'boom'.

Saya pikir, kita harus mengadvokasi agar surveillans yang akurat digenjot besar-besaran.

Salam dari Bali
Ngurah Mahardika

nama. Ewyanto
Kls. IXa 9A

Anonim mengatakan...

Pandemik adalah penyakit mematikan/infeksi yang disebabkan virus infruenza atau penyakit menular, yang dapat menular secara luas dalam waktu singkat pada banyak orang(manusia ke manusia).
Contoh: flu burung(H1N1), flu babi(H5N1), HIV/AIDS

Wabah flu babi adalah pandemi galur virus influensa baru yang diidentifikasi pada bulan April 2009, yang biasa disebut sebagai flu babi yang merupakan penyebaran dari flu burung. AIDS adalah sindrom kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat dari kerusakan spesifik sistem kekebalan tubuh karena infeksi virus HIV pada manusia, dan virus yang mirip pada spesies lain (SIV, FIV, dan lain-lain).

Cara pencengahan dan perawatan :
1.Jika demam tinggi, keluhan pernafasan dan (mungkin) perut, segela diperiksa oleh dokter
2.Hindari hubungan langsung(kontak) misalnya : penggunaan suntikan yang berulang kali.
3.Dalam memasak harus dengan matang untuk menghindari penularan.
4.Kebersihan diri perlu dijaga pula dengan mencuci tangan dengan antiseptik. Kebersihan tubuh dan pakaian juga perlu dijaga.
5.Jika terjadi unggas mati di sekitar kita segera lah lapor pada RT/RW

Nama: Seteven
Kelas : IXa

Anonim mengatakan...

Penyakit Pandemik

Contoh penyakit pandemik adalah H5N1, H1N1, HIV.

Pandemik flu terjadi saat rangkaian virus bermutasi ke dalam bentuk baru yang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Dan manusia tidak mempunyai sistem kekebalan alami untuk melawan virus tersebut.

virus ini dapat menular dengan tetes air yang disebabkan oleh batuk yang sudah ber-virus.pandemik adalah bakteri-bakteri atau kuman-kuman yang bisa menyebar melalui manusia dan hewan.

Macam macam gejala flu babi:
1. Demam yang muncul tiba-tiba
2. Batuk
3. Nyeri otot
4. Sakit tenggorokan
5. Kelelahan yang berlebihan
6. Penderita muntah-muntah dan diare

Pihak WHO menyatakan bahwa berjangkitnya flu babi di seluruh dunia sebagai “keadaan darurat kesehatan publik internasional.” Petugas kesehatan di seluruh dunia berlomba untuk mengatasi kemungkinan potensial terjadinya pandemik.
Suatu pandemik flu terjadi saat satu virus baru ditemukan membahayakan populasi manusia yang tidak memiliki daya tahan tubuh, menurut WHO.
Christine Layton, ahli kesehatan publik yang spesialisasinya pada ifluenza pada penelitian Institute RTI International, mengatakan pada CNN bahwa flu babi memilik potensi pandemik.

Flu Spanyol merupakan pandemik terburuk di abad ke 20. Seluruh dunia mencapai 40 persen mengalami sakit pada saat hal itu terjadi dari 1918-1919.
WHO memperkirakan jumlah kematian sekitar 50 juta atau lebih banyak jika dibandingkan selama perang dunia pertama. Dan virus seperti flu Spanyol belum pernah terjadi lagi sejak saat itu.
Meskipun 10 kali lebih mematikan dari pandemik lainnya, flu Spanyol tidak seberbahaya dibandingkan cacar atau campak menurut ahli epidemilogi Harvard Christina Mills dan Marc Lipsitch, pada tahun 2004.

Pada tahun 1957, pandemik influenza lain merebak. Pandemik flu pada 1957 disebut sebagai flu Asia.
Flu ini desebabkan oleh H2N2 dan pertama kali diidentifikasikan di Cina. Ada dua gelombang penyakit selama pandemik ini: gelombang pertama kebanyakan menyerang anaka-anak, sementara kedua kebanyakan menyerang orang tua. Pandemik ini secara keseluruhan membunuh 2 juta orang di dunia.
Tetapi komunitas medis mampu mengidentifikasikan pandemik secara lebih cepat karena berkembangnya teknologi, menurut CDC Amerika Serikat.

Pandemik terakhir terjadi pada tahun 1968 saat pandemik flu terjadi di Hong Kong. Sekitar 33,800 orang meninggal antara September 1968 and Maret 1969. Menjadikan ini pandemik teringan sepanjang abad ke 20.

Sementara itu tidak ada pandemik yang menyeruak sejak 1968, ancaman pandemik lainnya di abad ke 20 termasuk pada tahun 1976 yang disebut sebagai ‘killer flu’ (kemudian disebut sebagai swine flu atau flu babi) yang mengancam Amerika Serikat, yang menyebabkan vaksinasi massal diantara ketakutan akan flu Spanyol.

Pandemik terakhir yang mengancam adalah pada tahun 1997 dan 1999. Ratusan orang terinfeksi oleh flu burung, yang membunuh enam orang dan menginfeksi ratusan orang. Virus ini berbeda karena berpindah dari ayam ke manusia, jika dibandingkan berpindah ke babi terlebih dahulu. Sekitar 1.5 juta unggas di sembelih di Hong Kong karena mengancam.

Meningkatnya perjalanan melalui udara di seluruh dunia telah meningkatkan kemungkinan penyakit menyebar lebih cepat dari sebelumnya. Sindrom gangguan pernapasan akut, yang disebut sebagai SARS, merupakan penyakit yang diketahui berpindah pertama kali dan menyebar di seluruh dunia pada tahun 2003.

Tetapi menyebarnya SARS yang dapat dilihat pada aplikasi perhitungan pengendalian seperti karantina, larangan tergas untuk berpergian dan pemeriksaan demam di airport telah membantu masyarakat untuk mengatasi keadaan darurat kesehatan.

Oleh karena itu, kita dapat menghindari penyakit ini dengan Mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas, dan lain lain.


Nama: Jeffry
Kelas: IX(9) A

Anonim mengatakan...

Penyakit Pandemik

Contoh penyakit pandemik adalah H5N1, H1N1, HIV.

Pandemik flu terjadi saat rangkaian virus bermutasi ke dalam bentuk baru yang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Dan manusia tidak mempunyai sistem kekebalan alami untuk melawan virus tersebut.

virus ini dapat menular dengan tetes air yang disebabkan oleh batuk yang sudah ber-virus.pandemik adalah bakteri-bakteri atau kuman-kuman yang bisa menyebar melalui manusia dan hewan.

Macam macam gejala flu babi:
1. Demam yang muncul tiba-tiba
2. Batuk
3. Nyeri otot
4. Sakit tenggorokan
5. Kelelahan yang berlebihan
6. Penderita muntah-muntah dan diare

Pihak WHO menyatakan bahwa berjangkitnya flu babi di seluruh dunia sebagai “keadaan darurat kesehatan publik internasional.” Petugas kesehatan di seluruh dunia berlomba untuk mengatasi kemungkinan potensial terjadinya pandemik.
Suatu pandemik flu terjadi saat satu virus baru ditemukan membahayakan populasi manusia yang tidak memiliki daya tahan tubuh, menurut WHO.
Christine Layton, ahli kesehatan publik yang spesialisasinya pada ifluenza pada penelitian Institute RTI International, mengatakan pada CNN bahwa flu babi memilik potensi pandemik.

Flu Spanyol merupakan pandemik terburuk di abad ke 20. Seluruh dunia mencapai 40 persen mengalami sakit pada saat hal itu terjadi dari 1918-1919.
WHO memperkirakan jumlah kematian sekitar 50 juta atau lebih banyak jika dibandingkan selama perang dunia pertama. Dan virus seperti flu Spanyol belum pernah terjadi lagi sejak saat itu.
Meskipun 10 kali lebih mematikan dari pandemik lainnya, flu Spanyol tidak seberbahaya dibandingkan cacar atau campak menurut ahli epidemilogi Harvard Christina Mills dan Marc Lipsitch, pada tahun 2004.

Pada tahun 1957, pandemik influenza lain merebak. Pandemik flu pada 1957 disebut sebagai flu Asia.
Flu ini desebabkan oleh H2N2 dan pertama kali diidentifikasikan di Cina. Ada dua gelombang penyakit selama pandemik ini: gelombang pertama kebanyakan menyerang anaka-anak, sementara kedua kebanyakan menyerang orang tua. Pandemik ini secara keseluruhan membunuh 2 juta orang di dunia.
Tetapi komunitas medis mampu mengidentifikasikan pandemik secara lebih cepat karena berkembangnya teknologi, menurut CDC Amerika Serikat.

Pandemik terakhir terjadi pada tahun 1968 saat pandemik flu terjadi di Hong Kong. Sekitar 33,800 orang meninggal antara September 1968 and Maret 1969. Menjadikan ini pandemik teringan sepanjang abad ke 20.

Sementara itu tidak ada pandemik yang menyeruak sejak 1968, ancaman pandemik lainnya di abad ke 20 termasuk pada tahun 1976 yang disebut sebagai ‘killer flu’ (kemudian disebut sebagai swine flu atau flu babi) yang mengancam Amerika Serikat, yang menyebabkan vaksinasi massal diantara ketakutan akan flu Spanyol.

Pandemik terakhir yang mengancam adalah pada tahun 1997 dan 1999. Ratusan orang terinfeksi oleh flu burung, yang membunuh enam orang dan menginfeksi ratusan orang. Virus ini berbeda karena berpindah dari ayam ke manusia, jika dibandingkan berpindah ke babi terlebih dahulu. Sekitar 1.5 juta unggas di sembelih di Hong Kong karena mengancam.

Meningkatnya perjalanan melalui udara di seluruh dunia telah meningkatkan kemungkinan penyakit menyebar lebih cepat dari sebelumnya. Sindrom gangguan pernapasan akut, yang disebut sebagai SARS, merupakan penyakit yang diketahui berpindah pertama kali dan menyebar di seluruh dunia pada tahun 2003.

Tetapi menyebarnya SARS yang dapat dilihat pada aplikasi perhitungan pengendalian seperti karantina, larangan tergas untuk berpergian dan pemeriksaan demam di airport telah membantu masyarakat untuk mengatasi keadaan darurat kesehatan.

Oleh karena itu, kita dapat menghindari penyakit ini dengan Mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas, dan lain lain.


Nama: Jeffry
Kelas: IX(9) A

Unknown mengatakan...

Setelah membaca informasi mengenai penyakit pandemik, saya menyimpulkan bahwa :

"Pengertian penyakit pandemik"
Menurut pendapat saya, penyakit pandemik adalah epidemik penyakit berjangkit yang merebak melalui populasi manusia menyeberangi kawasan luas, sebagai contoh benua; malah seluruh dunia. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menular dalam jangka waktu yang sangat singkat. Selain itu, penyakit ini dapat menyerang semua orang tanpa memandang siapa dia, sebab manusia tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh alami untuk melawan penyakit ini.

"Contoh penyakit pandemik"
-Infuenza A (H1N1)
-Flu burung (H5N1)
-HIV dan AIDS
-Cholera
-Typhus
-Measles Dll

"Gejala penyakit pandemik"
-Demam
-Nyeri otot (myalgia)
-Cepat mengantuk (letargi)
-Gejala pencernaan seperti diare
-Kelelahan yang berlebihan
-Batuk
-Radang tenggorokan
Dan gejala non-spesifisik lainnya. Satu-satunya gejala yang sering dialami seluruh pasien adalah demam diatas 38

"Cara penularan penyakit pandemik"
-melalui air liur
-melalui darah
-melalui bersin
-melalui batuk Dll

"Cara mencegah penyakit pandemik"
-Pastikan anda selalu mencari informasi tentang wabah influenza
-Sering mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
-Anda harus praktekan etika batuk dan bersin, (tutup jika batuk dan bersin)
-Apabila menderita flu tinggallah dirumah, istirahat dan hindari perjalanan keluar rumah serta hindari perkumpulan orang banyak
-Bila demam tinggi, segera periksa ke dokter
-Penggunaan suntikan hanya untuk sekali pakai
-Memasak harus matang untuk menghindari penularan
-Hindari kontak langsung dengan penderita penyakit

Menurut World Health Organization (WHO), pandemik terjadi jika telah memenuhi tiga kondisi :
-Munculnya penyakit baru pada penduduk
-Menginfeksi manusia, menyebabkan penyakit berbahaya
-penyakit dapat menyebar dengan mudah diantara manusia.

Akhir kata komentar dari saya. Mohon maaf bila ada kekurangan.

TERIMA KASIH ^_^


Nama : Efendi
Kelas : IX A

Anonim mengatakan...

h1n1 atau yang disebut dengan flu babi adalah penyakit yang cukup mengerikan karena penyakit ini bisa menyebabkan kematian dan oleh karena itu kita harus cara mencegah h1n1 atau flubabi cara mencegah tidak terkenaknya flu babi:1. Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu jika Anda batuk atau bersin. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah.
2. Sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun, terutama setelah Anda batuk atau bersin. Pembersih tangan berbasis alkohol juga efektif digunakan.
3. Jangan menyentuh mulut, hidung atau mulut Anda dengan tangan.

nama:Ellys
kelas:9a

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adalah penyakit epidemik yang menyebar luas di wilayah benua,bahkan sampai keseluruh dunia. penyakit ini berasal dari flu babi dan flu burung. penyakit pandemik ini bisa menular ke manusia karena bersentuhan langsung dengan hewan tersebut misalnya babi dan burung sebagaimana diberitakan bahwa penyakit ini sudah memakan korban jiwa. cara pencegahannya bila bersentuhan dengan hewan-hewan tersebut, cucilah tangan dengan sabun dan menghindari kontak dengan hewan-hewan tersebut. gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut antara lain: batuk,deman,sakit kepala,badan lemas,sakit tenggorokan,panas,dan yang paling parah adalah buang air besar dan muntah-muntah.

Nama : Novi
Kelas : 9A

Anonim mengatakan...

Penyakit flu babi adalah penyakit influenza yg disebabkan oleh virs influenza A subtipe H1N1 yg dapat di tularkan melalui binatang, terutama babi dan ada kemungkinan antar mansia . Ciri-ciri apa bila seseorang menderita penyakit ini adalah demam 38`C ,letih,lesu belarutan,batuk(lain dari yang biasa,hidung berair,bersin,sakit tekak,sakit kepala.
Penyakit ini boleh merebak melalui titisan respiration(droplets-lebih kecil dari drops)
Menurut saya penyakit ini dapat di cegah dengan menjaga kebersihan kita sendiri, jangan bersentuhan dengan seseorang yg menderita penyakit tersebut, karena virus ini bisa menular melalui kontak antar manusia, kita juga harus memakai penutup mulut apa bila kita dekat dengan orang yg terkena penyakit ini atau dekat dengan babi yg terkena virus, karena udara dapat menghantar virus-virus kepada kita


Susi susanti
9a

Anonim mengatakan...

nama:suryady
kls:9d Penyakit pandemik salah satunya Flu Babi nama lain adalah H1N1

Virus flu babi mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui apa gejala-gejala flu babi dan bagaimana cara pencegahan terhadap virus ini. Meski belum sampai ke Indonesia, namun kita harus mewaspadai virus swine flu atau flu babi yang telah merenggut ratusan nyawa di Meksiko.

Ciri-ciri dan gejala flu babi :
1. Demam yang muncul tiba-tiba
2. Batuk
3. Nyeri otot
4. Sakit tenggorokan
5. Kelelahan yang berlebihan
6. Penderita muntah-muntah dan diare

Anonim mengatakan...

pengertian pandemik adalah penyebaran penyakit keseluruh dunia yang mengakibatkan suatu benua atau dunia itu sendiri menderita penyakit yang lagi musim.
contoh : penyakit H1N1 disebut juga sebagai flu babi!
penularan H1N1 berasal dari pernafasan manusia dengan udara disekitarnya.
maka WHO menyuruh masyarakat untuk menggunakan masker, dan juga dianjurkan bila ada tanda-tanda seperti yang dibawah ini harap segera dibawa ke rumah sakit terdekat!
tanda-tanda umum=
-batuk yang disertai flu
-demam yang muncul tiba-tiba
-nyeri otot
-diare
cara mencegahnya=
-hidup sehat
-jaga kebersihan disekitar rumah
-usahakan mencuci tangan dengan sabun
-tutuplah hidung anda bila anda bersin

nama:septiyani
kls:9a

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adalah penyakit yang menyebar diwilayah luas, benua, bahkan diseluruh dunia
salah satunya adalah FLU BURUNG atau nama lainnya H5N1
penyebab penyakit ini adalah virus influensa tipe A yang menyebar antar unggas.jadi hati hati lah terhadap unggas
cara-cara mencegah penyakit flu burung:
* Setiap orang yang berhubungan dengan bahan yang berasal dari saluran cerna unggas harus menggunakan pelindung (masker, kacamata renang)
* Bahan yang berasal dari saluran cerna unggas seperti tinja harus ditatalaksana dengan baik ( ditanam / dibakar) agar tidak menjadi sumber penularan bagi orang disekitarnya.
* Alat-alat yang dipergunakan dalam peternakan harus dicuci dengan desinfektan
* Kandang dan tinja tidak boleh dikeluarkan dari lokasi peternakan
* Mengkonsumsi daging ayam yang telah dimasak pada suhu 80°C selama 1 menit, sedangkan telur unggas perlu dipanaskan pada suhu 64°C selama 5 menit.
* Melaksanakan kebersihan lingkungan.
* Melakukan kebersihan diri.

nama :elvia valentina.a
kelas : 9A

Anonim mengatakan...

Pandemik merupakan suatu pengelompokkan untuk epidemik penyakit/virus yang menyebar di wilayah yang luas, benua, atau bahkan di seluruh dunia dan dapat membahayakan populasi manusia.
Menurut World Health Organization (WHO), pandemik terjadi jika telah memenuhi tiga kondisi
*Munculnya penyakit baru pada penduduk
*Menginfeksi manusia, menyebabkan penyakit berbahaya
*Penyakit dapat menyebar dengan mudah diantara manusia

contoh penyakit yang tergolong pandemik:
~H1N1
~H1N5
~HIV

Selain itu, penyakit pandemik dapat dikatakan sebagai penyakit yang paling mengancam karena belum ada pengobatan yang secara pasti dapat menyembuhkan penyakit pandemik.
Perlu diketahui bahwa HIV tidak lama lagi akan tidak tergolong penyakit pandemik karena tingkat ancamannya sudah dapat terkontrol.

NAMA : Reynold Andika
KELAS: IX A(9A)

Anonim mengatakan...

Penyakit pandemik ini terbagi dalam beberapa contoh dan salah satunya adalah BLACKDEATH
BLACKDEATH ini terjadi pada saat tahun 1340an tetapi sekarang sudah tidak ada lagi.Penyakit ini telah menelan sejumlah penduduk yang sangatlah besar.
Gejala BLACKDEATH(Wabah Hitam)ini dimulai dari sakit kepala dan penderita merasa sangat lelah,setelah 3 hari terjadi pembengkakan pada kelenjar limfe daerah ketiak, lipatan paha dan pangkal leher hingga sebesar telur angsa.Sehingga Jantung memompa darah lebih banyak ke daerah yang bengkak, pembuluh darah kemudian pecah menyebabkan perdarahan luas yang menimbulkan warna kehitaman pada kulit.Jika paru-paru pasien terinfeksi, maka penyakit ini dapat tersebar ke orang lain melalui udara. Dalam tahap ini penyakit dapat tersebar ke seluruh desa dengan cepat dan penderita akan meninggal dalam waktu 1 minggu
Sehingga..
Menurut saya,,Penyakit pandemik adalah suatu penyakit penyebaran ke seluruh dunia yang melibatkan wilayah yang luas dan populasi yang besar...
hingga kini dunia telah menelan korban yang sangat besar..


Makanya kita harus menjaga kesehatan kita sendiri agar kita tidak terjangkit dalam penyakit pandemik ini.Karena Tuhan telah memberikan kita tubuh yang sehat dan juga dikarenakan kita tidak boleh membuat orangtua kita menjadi khawatir.

Nama:Yuliana
Kelas:9A

Anonim mengatakan...

PANDEMIK adalah sejenis penyakit yg berhubungan dengan penyakit flu babi(h1n1).penyakit ini adalah penyakit yg baru di jumpai dekat amerika.

Anonim mengatakan...

penyakit PANDEMIK merupakan penyakit sejenis dengan flu babi(H1N1.penyakit ini baru ditemukan di amerika.pencegahan penyakit ini agar tidak dijangkit adalah dengan mencuci tangan.

nama:tosan
kelas:9B

Anonim mengatakan...

"Setelah saya membaca artikel mengenai Penyakit Pandemik dari beberapa sumber, Pandemik tak hanya Flu babi, HIV, AIDZ, SARS dan Flu burung, tapi juga cacar air"

Intinya pandemik terjadi bila memenuhi 3 kondisi :
~ Muncul penyakit baru pada penduduk
~ Menginfeksi manusia
~ Dapat menyebar dengan mudah

dan info terakhir yang saya dapat, bahwa Indonesia merupakan korban terbanyak yang terkena penyakit ini akibat kurang memahami cara mencegah penyakit ini.

Nama : FLanery Witoko
Kelas : 9A

Anonim mengatakan...

Pandemik adalah epidemik penyakit yang menyebar di wilayah luas, benua atau bahkan di seluruh dunia.
contoh:
-H1N1(Flu babi)
-H5N1(Flu burung)

pandemik terjadi jika memenuhi tiga kondisi:
-munculnya penyakit baru pd penduduk.
-menginfeksi manusia, menyebabkan penyakit berbahaya.
-Penyakit dapat menyebar dengan mudah diantara manusia.

Pandemik dpt menular melalui:
-penularan melalui kontak
-penularan melalui udara
-penularan melalui percikan

Cara pencegah adalah:
-jaga jarak
-jaga kebersihan
-lakukan etika batuk dan bersin
-jaga kebersihan

Nama : Finella Lim
Kelas : IXa(9a)

Anonim mengatakan...

pandemik adalah penyakit yg menyebar di wilayah luas,benua atau bahkan di seluruh dunia.
salah satunya adalah AIDS,yaitu sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.
cara mencegahnya adalah dengan menjaga kebersihan

nama: susanti b
kelas: IX A

Anonim mengatakan...

PENDEMIK adalah penyakit yang sejenis dengan penyakit flu babi.penyakit ini pertama kali ditemukan di daerah amerika.cara pencegahannya adalah mencuci tangan dengan bersih.dan cara penganggulangi adalah menutup hiding atau mulut dengan sapu tangan jika bersin atau batuk.

NAMA:TOSAN
KELAS:9B

Anonim mengatakan...

pandemik adalah sesuatu virus yg bisa menyebar kepada manusia
jadi singkat saya adalah kuman kuman yg menyebar dari hewan ke manusia


nama: budi
kls: 9a

hendrik mengatakan...

Pandemik flu terjadi saat rangkaian virus bermutasi ke dalam bentuk baru yang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Dan manusia tidak mempunyai sistem kekebalan alami untuk melawan virus tersebut.

Rangkaian baru ini kemungkinan menyebar melalui udara, misalnya dengan batuk dan bersin, sama seperti flu pada umumnya.

hendrik mengatakan...

penyakit pandemik adalah h1n1 nama lain FLU BABI NGEPET, penyakit flu babi adalah penyakit flu.cara-cara tidak terkenak flu babi harus: dengan mencuci tangan dengan sabun yang bersih yang termasuk sabun lifeboys.

hendrik mengatakan...

pandemik adalah virus-virus yang menyebarkan kesemua wilayah yang mempelihara BABI NGEPET.

NAMA:HENDRIK
KELAS:IXC

Anonim mengatakan...

PENYAKIT PANDEMIK DI SEBABKAN BABI NGEPET,BABI NGEPET,BABI NGPET.


NAMA SURYONO NAMA LAIN SUKU NOK
KELAS 9C

Anonim mengatakan...

Menurunt saya:
penyakit pandemik ada salah satu penyakit sejenis FLU yang sedang menyebar didunia saat ini
menurut perhitungan badan kesehatan dunia menyatakan bahwa penyakit pandemic ini yang terbanyak terdapat di Berbagai Negara.
jadi penyakit pandemic bukan saja flu babi ataupun flu burung.


Nama:Dody
Kelas:9A

Anonim mengatakan...

menurut saya:

penyakit pandemik ada beberapa macam seperti; flu babi [H1N1], flu burung [H5N1], HIV, dan lain lain. yang saat ini telah tersebar ke seluruh negara.

beberapa virus seperti H1N1, dab H5N1 yang di sebarkan oleh hewan. dan HIV yg di sebabkan oleh hubungan seks sembarangan.

flu burung [H5N1] yg pertama kali di temukan di negara thailand
dan flu babi [H1N1] yg pertamakali di temukan di negara maksiko.
flu babi hanya 20% membunuh manusia dari pada flu burung[H5N1] yg 88% membunuh manusia

demikian komentar saya

nama: renaldo
kelas: IXa [9a]

Anonim mengatakan...

menurut pendapat saya, pandemik adalah penyakit yang bisa menular dalam waktu yang relatif singkatdan mematikan semua makhluk
contoh:flu babi(H1N1) flu burung(H5N1)





NAMA:Suleman
kelas:;9A

Anonim mengatakan...

Apa yang dimaksud dengan pandemik? Pandemik adalah penyebaran penyakit ke seluruh dunia yang melibatkan wilayah yang luas dan populasi yang besar. Hingga kini di dunia telah tercatat beberapa penyakit yang menelan korban dalam jumlah yang sangat besar. Berikut adalah contohnya:1. Smallpox/cacar


Cacar adalah penyakit menular yang khusus pada manusia, yang disebabkan oleh dua jenis virus yaitu Variola mayor dan Variola minor. Pada abad 18 cacar membunuh sekitar 60 juta orang Eropa. Pada abad 20 virus ini menyebabkan kematian sekitar 300-500 juta orang di seluruh dunia. Beberapa penderita yang dapat bertahan akan mengalami kebutaan. Setelah suksesnya kampanye vaksinasi cacar sepanjang abad 19 dan 20, akhirnya pada tahun 1979 WHO menjamin terhapusnya virus Variola dari muka bumi ini.

Smallpox ini harus dibedakan dengan chickenpox (cacar air) yang disebabkan oleh virus Varicella. fadhila IX.d

Dwi.Hartadi mengatakan...

Menurut Saya. Pandemik merupakan penyakit yang tersebar diseluruh dunia. Ada beberapa macam penyakit Pandemik, Contohnya : Flu Burung yang dikenal h5n1, Flu Babi yang dikenal H1N1 ..

Nama : Dwi.HarTadi
Kelas: 9a

Anonim mengatakan...

penyakit pandemit ini sangat mematikan bagi dunia ..
dan menurut saya cara mencegah penyakit ini dengan menjaga kebersihan



nama : apriani
kelas : 9b

hendrik mengatakan...

penyakit pandemik adalah penyakit yang menyebar diwilayah luas, benua, bahkan diseluruh dunia
salah satunya adalah FLU BURUNG atau nama lainnya H5N1
penyebab penyakit ini adalah virus influensa tipe A yang menyebar antar unggas.jadi hati hati lah terhadap unggas
cara-cara mencegah penyakit flu burung:
* Setiap orang yang berhubungan dengan bahan yang berasal dari saluran cerna unggas harus menggunakan pelindung (masker, kacamata renang)
* Bahan yang berasal dari saluran cerna unggas seperti tinja harus ditatalaksana dengan baik ( ditanam / dibakar) agar tidak menjadi sumber penularan bagi orang disekitarnya.
* Alat-alat yang dipergunakan dalam peternakan harus dicuci dengan desinfektan
* Kandang dan tinja tidak boleh dikeluarkan dari lokasi peternakan
* Mengkonsumsi daging ayam yang telah dimasak pada suhu 80°C selama 1 menit, sedangkan telur unggas perlu dipanaskan pada suhu 64°C selama 5 menit.
* Melaksanakan kebersihan lingkungan.
* Melakukan kebersihan diri.


nama= HENDRIK
KELAS=IXC

Andri mengatakan...

Saat ini penyakit flu babi (Influenza H1N1) telah dinyatakan sebagai pandemik (level 6) oleh WHO sejak tanggal 11 Juni 2009 yang lalu. Penyebarannya kini telah dilaporkan di lebih dari 70 negara (CDC, 7 Juli 2009). Bahkan di Indonesia pun penyakit ini sudah mulai bercokol, awalnya ‘dibawa’ oleh warna negara asing yang sedang berkunjung ke Indonesia, dan kini sudah ditemukan 28 kasus positif flu babi (Media Indonesia Online, 7 Juli 2009).

Kasus flu babi (H1N1) ini memang pada umumnya masih tergolong penyakit ’sedang’, tidak terlalu mematikan. Berdasarkan data WHO per tanggal 29 Juni 2009, terjadi 311 kematian dari 70.893 kasus positif flu babi atau sekitar 0.44% (dibanding dengan flu burung H5N1 yang mencapai 80%). Namun kini mulai dilaporkan adanya peningkatan ‘keganasan’ sang virus, tingkat kematian akibat virus H1N1 mulai meningkat dan semakin cepat yang nampaknya akibat aktifitas viral pneumonia. Dan kini dua kelompok ilmuwan telah menemukan titik terang mengapa virus ini semakin ganas, dan ini ada hubungannya dengan cara virus terikat dalam tubuh penderita

Anonim mengatakan...

Pandemik adalah penyebaran penyakit ke seluruh dunia yang melibatkan wilayah yang luas dan populasi yang besar. Hingga kini di dunia telah tercatat beberapa penyakit yang menelan korban dalam jumlah yang sangat besar. Berikut adalah daftarnya:
1. Smallpox
Cacar adalah penyakit menular khusus pada manusia, yang disebabkan oleh dua jenis virus yaitu Variola mayor dan Variola minor.

2. Spanish Flu
Infeksi sekunder yang dapat timbul adalah Pneumonia bakterial yang diperburuk oleh belum adanya antibiotik pada masa itu, sehingga penyakit ini jadi tak teratasi.

3. Black Death
Penyakit ini desebabkan oleh infeksi dari bakteri Yersinia pestis yang disebarkan oleh sejenis kutu.

4. Malaria
Penyakit ini merupakan salah satu penyakit infeksi yang paling umum dan masalah kesehatan yang sangat besar. Parasit Plasmodium yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina ini membelah di dalam sel darah merah menyebabkan gejala-gejala antara lain demam, menggigil, mual, gejala flu, anemia, dan pada kasus yang parah akan menimbulkan koma hingga kematian.

5. AIDS
Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah penyakit yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV).

6. Cholera
Pandemik ini telah terjadi 8 kali dan membunuh ribuan orang. Cholera adalah penyakit infeksi pencernaan yang disebabkan oleh enterotoxin yang dikeluarkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Penularan ke manusia adalah melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut, gejala utama nya adalah diare.

Nama: Elvin Elianti
Kelas: 9A

Anonim mengatakan...

menurut saya , pandemik adalah penyakit yg bs menular dan mematikan semua makhluk .
contoh :AIDS
di benua afrika tlh 60% org mengidap AIDS DAN DI Sub-sahara afrika tlh meninggal sekitar 2.300.000 jiwa
susanto
9b

Anonim mengatakan...

flu babi tdk bahaya krna saya tdk kena flu babi




nama Chanles
kelas 9c

Anonim mengatakan...

menurut saya h1n1 tdk telalu bahaya karena saya selalu cuci tangan dengan sabun lifebouy


nama : rudi.h
kelas: 9c

Anonim mengatakan...

ui semuanya jgn komen


nama : noname
kelas : lupa

Anonim mengatakan...

penyakit PANDEMIK merupakan penyakit sejenis dengan flu babi(H1N1.penyakit ini baru ditemukan di amerika.pencegahan penyakit ini agar tidak dijangkit adalah dengan mencuci tangan.

Anonim mengatakan...

penyakit PANDEMIK merupakan penyakit sejenis dengan flu babi(H1N1.penyakit ini baru ditemukan di amerika.pencegahan penyakit ini agar tidak dijangkit adalah dengan mencuci tangan.

nama =suryono
kelas= Ix c

Anonim mengatakan...

Pandemik flu terjadi saat rangkaian virus bermutasi ke dalam bentuk baru yang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Dan manusia tidak mempunyai sistem kekebalan alami untuk melawan virus tersebut.

Rangkaian baru ini kemungkinan menyebar melalui udara, misalnya dengan batuk dan bersin, sama seperti flu pada umumnya.

nama=andi
kelas=Ixc

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adalah nama lain dari penyakit H1n1 yang menyebarkan seluruh dunia yang bisa menular di sebabkan oleh batuk, dmam, pilek

cara mencegah nya untuk tidak kena flu babi :
-mencuci tangan dengan sabun
-menutup mulut dengan tangan sewaktu batuk
-bila sakit periksa ke dokter
-memakan makanan yang bergizi

NAMA = JIMMY
KELAS= IXC

Anonim mengatakan...

flu babi tidak bahaya
because babi to hati2
jln liat ke bwh
truz qa bi3 tabrakan kae lor
:)

nama : surihanto
kelas : 9c

Anonim mengatakan...

flu babi ?
qa heboh2 la
akibad cerinq mam n bo2 jd qa olahraqa
maka na qa sehad
cerinq terseranq penyakid

klo post na bqz
call me
^^

name : surihanto
klz : 9c

Anggie mengatakan...

KASUS flu babi terus meluas di Amerika Serikat dan negara-negara lain. Karena itu, dunia sedang melihat kemungkinan flu babi ini menjadi pandemik. Berdasarkan data dari CDC dan WHO, Flu ini telah menginfeksi paling tidak 109 orang di AS dan sedikitya 257 orang di seluruh dunia.

Sementara itu, berdasarkan keterangan CDC, vaksin flu babi sedang dalam tahap pengembangan dan akan membutuhkan waktu paling tidak 6 bulan untuk memproduksinya dalam jumlah besar."Jika semua berjalan dengan baik, kami akan memproduksi penuh, akan perlu waktu beberapa bulan untuk menyediakan vaksin," terang CDC dalam news release-nya seperti dikutip situs webmd.

Berdasarkan laporan laboratorium dari CDC, 50 kasus telah ditemukan di New York, 14 kasus di Kalifornia, 10 kasus di Karolina Selatan, 2 kasus di Kansas, 2 kasus di Massachusetts, dan masing-masing 1 kasus di Arizona, Indiana, Michigan, Nevada, dan Ohio.

Menurut WHO, penyebaran flu di Amerika Utara berpotensi menjadi pandemik karena flu tersebut bisa menyebar dari manusia ke manusia.

Nama : Anggie Novia Hapsari
Kelas : 9D

Anonim mengatakan...

PENYAKIT PANDEMIK?????
Hmm...
klu gaslh dnqr..
pnykit tu.. brasal dari negara MEXICO
Pykit pandemik di sbt FLU BABI atau PNYKIT H1N1

PNYKIT INI SDH TERSEBAR SAMOAI INDONESIA
Jd aruz hati2
SEBAIKNYA...
Qt bnyk makan mknan brgizi dan minum air putih agar tdk terserang
sblum dan sesudah makan
Qt aruzcuci tnqn jg^^

NAMA:ELVIAL
KELA:9C

Anonim mengatakan...

pnykid pandemik adlh ..
sebutan penyakit yg bisa menular
sperti AIDS,FLU BABI, FLU BURUNG.
penyakit ni dpt menular dgn brbagai cara, : melalui air liur, seks free, dll
cara mencegahnya: mencuci tangan sehabiz melakukan kegiatan apapun,

setia pada pasangan anda ^^

Nama : Meiyer
Kelas: 9c

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Virus H1N1 adalah subtipe virus influenza A dan penyebab utama influenza pada manusia.

WHO menyatakan bahwa peningkatan kasus positif Influenza A H1N1 sampai tanggal 6 juli 2009 menjadi 94.512 kasus dari 77.201 pada tanggal 3 juli 2009.

Virus influenza ternyata tidak hanya dapat menyebar melalui droplet tetapi dapat juga ditransmisikan melalui jari tangan ke mulut, hidung, atau mata

Rekomendasi untuk mencegah penyebaran virus diantara manusia termasuk penggunaan pengendalian infeksi standar terhadap influenza. Jadi sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau pencuci tangan berbahan dasar alkohol, khususnya jika setelah berada di tempat-tempat umum.

Nama : Linda
Kelas: 9D

Hendra mengatakan...

Hendra Berkata
penyakit ini termasuk penyakit yang menular pada suatu desa atau pun negeri yang terkena penyakit di meksiko
contoh:-flu babi,dan flu burung.
cara mencegah .
1.selalu mencuci tangan saat memegang ungas.
2.memakai pelindung ketika ke luar negeri.

varinia mengatakan...

Menurut saya
Babi sebagai sumber flu babi memiliki keunikan. Hewan ini tidak hanya dapat terinfeksi oleh virus flu babi, tapi juga virus flu yang berasal dari unggas dan virus flu manusia. Saat virus flu dari spesies yang berbeda menginfeksi babi, virus-virus tersebut dapat saling berkombinasi (tukar menukar elemen genetik) sehingga muncul virus baru. Saat ini dikenal empat macam virus flu babi yaitu H1N1, H1N2, H3N2, dan H3N1. Tetapi yang belakangan banyak ditemukan adalah jenis H1N1.

Virus H1N1 sejatinya hanya mengenai babi, tetapi karena adanya mutasi maka virus ini berubah sifat sehingga mampu menginfeksi manusia. Parahnya lagi, tidak seperti virus flu burung (H5N1) yang tidak ditularkan dari manusia ke manusia, virus flu babi H1N1 dapat menyebar dari orang ke orang.
Penularan dari babi ke manusia terjadi karena adanya kontak dengan babi yang terinfeksi atau kontak dengan benda-benda yang telah terkontaminasi. Sedangkan penularan dari manusia ke manusia hampir sama dengan cara penularan flu biasa, yaitu melalui batuk atau bersin. Manusia juga dapat terinfeksi karena menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus flu babi dari dari orang lain, kemudian memegang mulut atau hidungnya.

Dan Obat flu babi sama dengan obat yang digunakan untuk flu biasa atau flu burung. CDC merekomendasikan obat antivirus oseltamivir (Tamiflu) atau zanamivir. Hanya saja, obat ini lebih efektif jika diberikan pada tahap dini perjalanan penyakit, saat kerusakan pada sel paru-paru belum terlalu parah.

Belum ada vaksin yang dapat melindungi manusia agar tidak terkena flu babi. Oleh karena itu, langkah pencegahan untuk membatasi penularan sangat penting. Berikut tindakan yang perlu diambil untuk mengurangi risiko penularan jika Anda sedang berada di daerah wabah flu babi :

1. Menutup hidung dan mulut dengan tissue saat batuk atau bersin. Membuang tissue ke tempat sampah setelah digunakan.
2. Mencuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah batuk atau bersin. Tissue yang mengandung alkohol juga dapat digunakan
3. Menghindari kontak erat dengan orang yang sakit flu.
4. Jika sakit, hendaknya tetap berada di rumah, tidak pergi bekerja atau ke sekolah, agar tidak menginfeksi orang lain.
5. Menghindari menyentuh mata, hidung, atau mulut. Virus menular lewat bagian tubuh tersebut.


nama=varinia
kelas=9c

Anonim mengatakan...

Tidak lah serius sangat karena kota tanjng pinang belum kena jadi saya rasa hanya harus hati2 saja

Nama: chandra kurniawan
Kelas: 9C

ellis mengatakan...

Virus strain baru flu babi (swine flu) memang bisa mematikan. Apalagi virus strain baru bisa menyebar dengan cepat. Sebabnya, tak seorang pun punya kekebalan alami terhadap virus baru ini. Dan butuh waktu beberapa bulan untuk mengembangkan vaksinasi virus ini.

Namun setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit flu babi yang ditularkan dari orang ke orang ini. Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan beberapa tips.


nama= ellis
kelas= 9b

Anonim mengatakan...

test....test....test....123

Anonim mengatakan...

Pandemik (dari Yunani παν pan semua + δήμος demos orang) adalah epidemik penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, benua, atau bahkan di seluruh dunia.

Menurut World Health Organization (WHO), pandemik terjadi jika telah memenuhi tiga kondisi:[1]

* Munculnya penyakit baru pada penduduk
* Menginfeksi manusia, menyebabkan penyakit berbahaya
* Penyakit dapat menyebar dengan mudah diantara manusia


nama:candy

kelas: 9a

Anonim mengatakan...

menurut saya flu babi tidak terlalu berbahaya jika kamu tahu cara pencegahannya cara pencegahan flu babi sebagai berikut:1. Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu jika Anda batuk atau bersin. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah.
2. Sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun, terutama setelah Anda batuk atau bersin. Pembersih tangan berbasis alkohol juga efektif digunakan.
3. Jangan menyentuh mulut, hidung atau mulut Anda dengan tangan.
4. Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sakit flu. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin penderita.
5. Jika Anda sakit flu, Anda sebaiknya tidak masuk kerja atau sekolah dan beristirahat di rumah.


nama:wilson
kelas:9b

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adalah suatu penyakit yang menyebabkan kematian kepada semua orang. . .
penyakit pandemik salh satunya ialah penyakit FLu Babi yang disingkat H1N1
kasus ini pertama kali ditemukan pada negara Amerika Serikat
Cara Mencegah Untuk Tidak kenak penyakit itu adalah menjaga kesehatan dan mencuci tangan setelah aktivitas


Nama;Elya
Kelas;9c

Anonim mengatakan...

WHO

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Penyakit pandemik dapat mengakibatkan kematian jadi kita mesti jaga kebersihan di lingkungan kita agar tidak terkena penyakit tersebut.(penyakit pandemik adalah jenis penyalit yang bisa menyebabkan kematian)
beberapa contoh penyakit pandemik adalah flu babi, hiv, flu burung,dan lain sebagainya.


Sendy
9b

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik antara lain adalah flu babi (h1ni).kasus pertama yang ditemukan di Negara Amerika dan kemudian menyebar ke Meksiko.
Penyakit Flu H1N1 sekarang ini sudah sangat menghawatirkan. WHO menyatakan telah memasuki fase ke 6. Fase yang paling tinggi tingkat kewaspadaannya. Penyebaran sangat cepat karena dapat menular dari manusia ke manusia. Lain halnya dengan influenza H5N1 yang belum ditemukan adanya penularan antar manusia.
Pada tanggal 24 Juli 2009 di Indonesia terlaporkan sebanyak 343 orang positif H1N1 dengan proporsi 193 laki-laki dan 150 perempuan. Sudah sekian banyak yang terlaporkan kasus positif. Ini menunjukkan cepatnya penyebaran kasus tersebut. Lalu bagaimana cara pencegahannya untuk diri sendiri dan orang lain. Berikut tips nya :
Sering cuci tangan. Cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air kemudian keringkan, bila tidak ada air dapat menggunakan cairan antiseptik pencuci tangan. Cuci tangan setelah melakukan kegiatan fisik, terutama setelah bersin atau batuk.
Hindari mengusap mata, hidung dan mulut. Virus influenza sering menyebar ketika seseorang menyentuh permukaan benda yang sudah terkontaminasi virus (karena terkena percikan batuk/bersin penderita) dan kemudian menyentuh mata, hidung dan mulut.
Hindari kontak erat. Hindari kontak erat dengan seseorang yang sakit
Tinggal di rumah ketika sakit. Jika memungkinkan, tinggallah di rumah dan batasi kegiatan di luar rumah. Anda akan membantu orang lain terhindar dari kesakitan.
Menutup mulut dan hidung. Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin untuk mencegah penyebaran virus. Jika tidak ada tisu, gunakan punggung telapak tangan ketika batuk atau bersin. Buang tisu yang sudah dipakai ke tempat sampah. Anda dapat menggunakan masker untuk tidak menulari orang lai
Jaga jarak. Jika anda sakit, jagalah jarak dengan orang lain (lebih kurang 2 meter) dan gunakan masker untuk mencegah penularan
Berperilaku hidup sehat. Tidak merokok, Cukup tidur, Olah raga teratur, Kelola stress, Minum dalam jumlah yang cukup, Makan makanan bergizi.
Berobat ke dokter jika sakit. Segera pergi berobat jika mengalami gejala flu seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak dan muntah serta diare
Tunda perjalanan jika anda sakit. Jika anda sakit, tunda bepergian dengan pesawat terbang atau alat transportasi umum lainnya. Jika anda harus bepergian ke negara yang terjangkit influensa A/H1N1 (strain mexico) dan pada saat kembali anda merasa sakit, segera berobat ke dokter.
Dengarkan informasi dari Dinas Kesehatan setempat dan sebarkan info pencegahan ini kepada masyarakat luas.

k1k1 mengatakan...

Penyakit pandemik
Contoh nya Flu babi: Nama lain dari Flu babi adalah H1N1???
Kasus Pertama Yang di Temukan di Negara Amerika Serikat dan Kemudian di Meksiko???
Badan Kesehatan Dunia [WHO] mEnyatakan Influensa A H1N1 Sebagai kejadian luar biasa [KLB]
uNtuk seluruh dunia sejak 14 may tahun 2009 . sampai saaat ini , lebih dr 80.000 warga dunia terjangkit Influensa A H1N1 yang tersebar di 130 negara . dari
biar anda mau hindari penyakit ini
setiap kali mkn cuci tangan dengan sabun biar lebih aman

Nama : kiki
Kelas : 9D

Anonim mengatakan...

nama:suryady
kelas:9d

menurut saya penyakit pandemik merupakan semacam penyakit flu babi,fluburung dan penyakit tersebut terlalu bahaya bagi anak anak di indonesia telah 7000 ribu org telah mempunyai penyakit tersebut

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adalah penyakit yang penyebarannya mencakupi wilayah luas atau selurh dunia .
menurut yang saya informasi yang pernah saya dengar ternyata penyakit cacar/smallpox juga tergolong sebagai penyakit pandemik terparah sepanjang sejarah sebelum dimusnahkan dengan vaksinasi sepanjang abad 19-20,dan kemudian dijamin oleh WHO telah hilang viru VARIOLA penyebab smallpox dimuka bumi tahun 1979.
pada abad 18 smallpox/cacar memakan korban 60juta jiwa orang Eopa.korbannya semakin melunjak di abad 20 karna menyebabkan kematian pada 300-500 jiwa diseluruh dunia.....
YANG HARUS DIBEDAKAN...
Smallpox(virus Variola)chikepox/cacar ari(virus varicella).

Nama : fadhila luthfiana
Kelas: 9.D

Anonim mengatakan...

penyakit pandemik adalah penyakit yang penyebarannya mencakupi wilayah luas atau selurh dunia .
menurut yang saya informasi yang pernah saya dengar ternyata penyakit cacar/smallpox juga tergolong sebagai penyakit pandemik terparah sepanjang sejarah sebelum dimusnahkan dengan vaksinasi sepanjang abad 19-20,dan kemudian dijamin oleh WHO telah hilang viru VARIOLA penyebab smallpox dimuka bumi tahun 1979.
pada abad 18 smallpox/cacar memakan korban 60juta jiwa orang Eopa.korbannya semakin melunjak di abad 20 karna menyebabkan kematian pada 300-500 jiwa diseluruh dunia.....
YANG HARUS DIBEDAKAN...
Smallpox(virus Variola)chikepox/cacar ari(virus varicella).

Nama : fadhila luthfiana
Kelas: 9.D

Anonim mengatakan...

aat ini penyakit flu babi (Influenza H1N1) telah dinyatakan sebagai pandemik (level 6) oleh WHO sejak tanggal 11 Juni 2009 yang lalu. Penyebarannya kini telah dilaporkan di lebih dari 70 negara (CDC, 7 Juli 2009). Bahkan di Indonesia pun penyakit ini sudah mulai bercokol, awalnya ‘dibawa’ oleh warna negara asing yang sedang berkunjung ke Indonesia, dan kini sudah ditemukan 28 kasus positif flu babi (Media Indonesia Online, 7 Juli 2009).

Kasus flu babi (H1N1) ini memang pada umumnya masih tergolong penyakit ’sedang’, tidak terlalu mematikan. Berdasarkan data WHO per tanggal 29 Juni 2009, terjadi 311 kematian dari 70.893 kasus positif flu babi atau sekitar 0.44% (dibanding dengan flu burung H5N1 yang mencapai 80%). Namun kini mulai dilaporkan adanya peningkatan ‘keganasan’ sang virus, tingkat kematian akibat virus H1N1 mulai meningkat dan semakin cepat yang nampaknya akibat aktifitas viral pneumonia. Dan kini dua kelompok ilmuwan telah menemukan titik terang mengapa virus ini semakin ganas, dan ini ada hubungannya dengan cara virus terikat dalam tubuh penderita.

Sesuai namanya, virus flu babi H1N1 ini berasal dari babi, sehingga ia terikat dengan baik pada molekul-molekul permukaan sel dalam sistem pernafasan mamalia lain, termasuk manusia. Tetapi ada sedikit perbedaan cara protein-protein flu terikat pada reseptor-reseptor ini.

Anonim mengatakan...

aat ini penyakit flu babi (Influenza H1N1) telah dinyatakan sebagai pandemik (level 6) oleh WHO sejak tanggal 11 Juni 2009 yang lalu. Penyebarannya kini telah dilaporkan di lebih dari 70 negara (CDC, 7 Juli 2009). Bahkan di Indonesia pun penyakit ini sudah mulai bercokol, awalnya ‘dibawa’ oleh warna negara asing yang sedang berkunjung ke Indonesia, dan kini sudah ditemukan 28 kasus positif flu babi (Media Indonesia Online, 7 Juli 2009).

Kasus flu babi (H1N1) ini memang pada umumnya masih tergolong penyakit ’sedang’, tidak terlalu mematikan. Berdasarkan data WHO per tanggal 29 Juni 2009, terjadi 311 kematian dari 70.893 kasus positif flu babi atau sekitar 0.44% (dibanding dengan flu burung H5N1 yang mencapai 80%). Namun kini mulai dilaporkan adanya peningkatan ‘keganasan’ sang virus, tingkat kematian akibat virus H1N1 mulai meningkat dan semakin cepat yang nampaknya akibat aktifitas viral pneumonia. Dan kini dua kelompok ilmuwan telah menemukan titik terang mengapa virus ini semakin ganas, dan ini ada hubungannya dengan cara virus terikat dalam tubuh penderita.

Sesuai namanya, virus flu babi H1N1 ini berasal dari babi, sehingga ia terikat dengan baik pada molekul-molekul permukaan sel dalam sistem pernafasan mamalia lain, termasuk manusia. Tetapi ada sedikit perbedaan cara protein-protein flu terikat pada reseptor-reseptor ini.

Nama : venny.f
kelas : 9d

Anonim mengatakan...

Saat ini penyakit flu babi (Influenza H1N1) telah dinyatakan sebagai pandemik (level 6) oleh WHO sejak tanggal 11 Juni 2009 yang lalu. Penyebarannya kini telah dilaporkan di lebih dari 70 negara (CDC, 7 Juli 2009). Bahkan di Indonesia pun penyakit ini sudah mulai bercokol, awalnya ‘dibawa’ oleh warna negara asing yang sedang berkunjung ke Indonesia, dan kini sudah ditemukan 28 kasus positif flu babi.



mencegah dari Flu babi adlh jga kbersihan lingkungan.

nama trinawati
klas 9d

Sekolah-ku

Foto saya
TanjungPinang, Propinsi Kepulauan Riau, Indonesia